Podcast Bincang Arsitektur

Ideas
2 years ago

Simpul Pedagogi bersama Defry Ardianta, Praktek Praktisi bersama Rafael Arsono dan Persimpangan bersama Rezki Dikaputera dan Rofianisa Nurdin.

Suatu hari dalam perbincangan santai, muncul gagasan membuat podcast seputar perbincangan di arsitektur. Ada tiga perspektif yang coba diambil: sisi praktek, pendidikan, serta persimpangan yang tercipta diantaranya.

 

PRAKTEK PRAKTISI pun lahir dari gagasan perlunya paparan keseharian para arsitek yang notabene tidak hanya merancang saja melainkan juga memulai dan mengatur pengelolaan di biro-biro arsitek. 

"Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works," Steve Jobs. 

Diskusi dalam podcast ini mengupas isu, permasalahan, pengambilan keputusan serta solusi-solusi dalam mengelola suatu proyek, mulai dari kontrak kerja, kolaborasi, manajemen biro sampai etika beriklan. Podcast ini diharapkan dapat sedikit banyak membantu mengupas realitas biro arsitek sekaligus menginspirasi mahasiswa dan para arsitek muda yang akan dan baru terjun ke dunia profesi. 

Podcast Praktek Praktisi akan dibawakan oleh Rafael Arsono. 

SIMPUL PEDAGOGI muncul dari kegelisahan akan perlunya wadah untuk dapat mendiskusikan hal-hal seputar pendidikan arsitektur yang mewakili pertanyaan-pertanyaan di benak mahasiswa. 

Diskusi ini berusaha menghilangkan sekat-sekat yang selama ini seakan membatasi komunikasi antara mahasiswa dengan dosen ataupun dengan kampusnya. "Tell me and I forget. Teach me and I remember. Involve me and I learn," Benjamin Franklin. 

Dengan begitu diharapkan tayangan podcast ini akan menjadi suplemen bagi pengalaman aktivitas belajar mahasiswa di kampusnya masing-masing.

Podcast Simpul Pedagogi akan dibawakan oleh Defry Ardianta.

PERSIMPANGAN, di sisi lain, mencoba mengangkat ruang abu-abu yang jarang dibicarakan di arsitektur. 

Paparan arus informasi, globalisasi, demokratisasi teknologi, hingga pandemi menjadi realitas sehari-hari yang mengubah cara pandang dan cara kita berkehidupan. Sehingga muncul pertanyaan: apakah cara kita berarsitektur sudah relevan dengan perkembangan peradaban?

Pada setiap kemungkinan dan ketidakpastian, hadir persimpangan-persimpangan. Ini yang menarik untuk dibicarakan: bahwa terlepas dari kecenderungan arsitek untuk berpraktek di ruang hampa, sudah saatnya kita membuka diri terhadap konfrontasi beragam pemikiran dan pendekatan.

Podcast Persimpangan akan dibawakan oleh Rezki Dikaputera dan Rofianisa Nurdin.

Simak diskusi, debat maupun sharing yang disajikan dalam kumpulan Podcast Nenun Ruang.

Related
Ideas
2 years ago
98 Memory Lane: Monumen Kerusuhan Mei 1998
Design Public Spaces
Ideas
2 years ago
USU Student Activity Center
Design Student Projects
Ideas
1 year ago
Nenun Ruang Student Project Submission
Design Education
168 Comments
A
Login to leave a comment. Sign In ?