Dipl.-Ing. Arsitek: Membaca Modernitas di Indonesia

Ideas
1 year ago

Dokumentasi Pemikiran dan Karya “Dipl.-Ing. Arsitek: Arsitek Indonesia lulusan Jerman dari 1960-an" bersama Angeline Basuki, Eko Prawoto, Yuswadi Saliya, Robin Hartanto dan Indah Widiastuti.

Interview Education

Nenun Ruang bekerja sama dengan Yayasan Museum Arsitektur Indonesia sepakat untuk melakukan dokumentasi dan publikasi dalam rangka melengkapi rangkaian kegiatan pameran “Dipl.-Ing. Arsitek: Arsitek Indonesia lulusan Jerman dari 1960-an”. Pameran telah terselenggara pada 1 Desember hingga 12 Januari 2023 di Taman Ismail Marzuki  oleh Yayasan Museum Arsitektur Indonesia. Pameran menghadirkan kumpulan perjalanan pemikiran dan karya arsitek-arsitek menonjol di era tahun 1960an, antara lain Bianpoen, Han Awal, Mustafa Pamuntjak, Soejoedi Wirjoatmodjo, Suwondo Bismo Sutedjo, and Yusuf Bilyarta Mangunwijaya. Dengan arahan kuratorial dari Setiadi Sopandi dan Avianti Armand bersama dengan Sally Below, Moritz Henning, dan Eduard Kogel.

Dokumentasi singkat bertajuk “Dipl.-Ing Arsitek: Membaca Modernitas di Indonesia"  menggandeng Angeline Basuki, Eko Prawoto, Yuswadi Saliya, Robin Hartanto dan Indah Widiastuti sebagai pembaca yang memberikan pandangan tentang perjalanan pemikiran dan karya-karya arsitek lulusan Jerman tersebut. Dokumen singkat ini dimaksudkan sebagai wadah para sejarahwan dan arsitek Indonesia untuk membaca arsip dan narasi yang digelar di pameran, dan merefleksikan pembacaaan tersebut dengan historiografi sejarah arsitektur Indonesia yang selama ini berkembang dan dituliskan. Untuk itu, jelas bahwa diskusi ini merupakan agenda yang berorientasi ke dalam (inward looking) yang tidak terlalu beririsan dengan partner kami di Berlin (yang lebih memfokuskan agenda kegiatan kepada irisan-irisan dari interaksi Indonesia dan Jerman, serta topik-topik yang universal). Diskusi ini juga diharapkan dapat membantu para arsitek Indonesia untuk memahami serpihan sejarah kontemporer dan membangun historiografi sendiri.

 

Kumpulan serial video ini uga dapat dilihat pada link berikut https://youtube.com/playlist?list=PLxtARMlXUQ9V3Ph0jrb5oA2Fvf8s6OY2X

Selamat menyimak!

Related
Ideas
2 years ago
98 Memory Lane: Monumen Kerusuhan Mei 1998
Design Public Spaces
Ideas
2 years ago
USU Student Activity Center
Design Student Projects
Ideas
1 year ago
Nenun Ruang Student Project Submission
Design Education
168 Comments
A
Login to leave a comment. Sign In ?