Le Corbusier: Maison Planeix (1924 - 1928)

Ideas
1 year ago

Terletak di tengah kota Paris, Prancis. Desain Maison ini merupakan salah satu kreasi langka dari Le Corbusier dengan lahan yang terhimpit oleh dinding pada kiri dan kanannya. Dan terdaftar sebagai monumen bersejarah - 1976.

Merupakan hunian yang dirancang oleh Le Corbusier dan Pierre Jeanneret pada tahun 1924 untuk Antonin Planeix, pelukis yang tertarik pada modernitas. Antonin lebih dikenal sebagai pengrajin otodidak yang menghasilkan foto untuk ditransfer ke ena-mel, yang banyak digunakan pada batu nisan. Maison ini selesai dibangun tahun 1928.

Rencana awal Le Corbusier membuat rumah pilotis tidak disetujui karena total biaya pembangunan mendekati dua kali lipat dari anggaran awal. Karena itu, pilotis kemudian dijadikan duastudio/atelier di lantai dasar setinggi dua lantai yang dapat disewakan untuk menambah pendapatan.

Pada masion ini, desain Le Corbusier yang khas tetap terlihat, menampilkan taman atap, denah bebas, jendela horizontal serta tangga eksternal. Fasadnya menampilkan proporsi sempurna yang sekaligus megah dalam kesimetrisan pintu masuk, balkon, dan keseluruhan fasadnya, namun sederhana dalam skala dan materialnya.

Menurut William J. Curtis, "jika ada satu rumah Le Corbusier tahun 1920-an yang benar-benar pantas disebut "une maison, un palais" (pemuliaan tipe rumah dasar melalui proporsi ke titik di mana ia mencapai monumentalitas), itu pasti Maison Planeix." Desain Maison ini merupakan salah satu kreasi langka dari Le Corbusier dengan lahan yang terhimpit oleh dinding pada kiri dan kanannya.

Related
Ideas
2 years ago
98 Memory Lane: Monumen Kerusuhan Mei 1998
Design Public Spaces
Ideas
2 years ago
USU Student Activity Center
Design Student Projects
Ideas
1 year ago
Nenun Ruang Student Project Submission
Design Education
168 Comments
A
Login to leave a comment. Sign In ?