Le Corbusier: Villa Shodhan (1956)

Ideas
1 year ago

Villa Shodhan dianggap sebagai versi terbaru yang lebih kompleks dan lebih mendalam dari Villa Savoye, yang disesuaikan dengan lingkungan tropis.

Events Architecture

Villa Shodhan berlokasi di Ahmedabad, India dan mulai dibangun pada tahun 1951 selesai tahun 1956. Awalnya proyek ini dirancang untuk Surottam Hutheesing, sekretaris pemilik pabrik, desain hunian ini representatif gaya hidup, status sosial dan ekonomi Surottam Hutheesing. Namun, Hutheesing menjual desain Le Corbusier pada Shyamubhai Shodhan, pemilik pabrik sebelumnya, yang memiliki sebidang tanah lain dan ingin segera memulai konstruksi. Terlepas dari perbedaan gaya hidup dan lahan untuk proyek tersebut, Shodhan memilih untuk mempertahankan desain awal seperti yang terjadi pada semua proyek India Le Corbusier.

Dengan cerdik, Le Corbusier menggabungkan ciri-ciri rumah tua Ahmedabad; ruang tamu dengan ketinggian ganda di lantai dasar serta aula pintu masuk yang dibuat dua kali lipat, mencerminkan kemewahan dan status. Rancangan ini mengungkapkan kesederhanaan struktural yang jelas, tetapi juga, kompleksitas dan plastisitas yang luar biasa dalam penanganan ruang void, sirkulasi, brise-soleil pada fasad dan payung atap, serta taman gantungnya. Pada lantai dasarnya, penerapan optimum dari Le Modulor juga dapat ditemukan.

Villa Shodhan dianggap sebagai versi terbaru yang lebih kompleks dan lebih mendalam dari Villa Savoye, yang disesuaikan dengan lingkungan tropis. Villa Shodhan juga dinyatakan sebagai reinterpretasi terbaik dari ide di balik Maison Citrohan, serta gaya Le Corbusier pasca-1950.

 

Related
Ideas
2 years ago
98 Memory Lane: Monumen Kerusuhan Mei 1998
Design Public Spaces
Ideas
2 years ago
USU Student Activity Center
Design Student Projects
Ideas
1 year ago
Nenun Ruang Student Project Submission
Design Education
168 Comments
A
Login to leave a comment. Sign In ?