Finding the Lost Economic Space

Ideas
2 years ago

Ruko merupakan wujud dari pemikiran pragmatis dari pembangunan kota.

Ruko merupakan wujud dari pemikiran pragmatis dari pembangunan kota. Spektrum persoalan desainnya akan berhubungan dengan efisiensi energi, kelestarian lingkungan, serta perilaku pemakai. Permasalahan besar di kota Padang ini jarang menjadi perhatian utama bagi proses pembelajaran di studio perancangan Arsitektur. Melalui critical context ini, pemecahan masalah yang didapatkan akan diidentifikasi serta akan diselesaikan dengan lebih mendalam berdasarkan klasifikasi topik yang telah dipilih. Solusi yang dicari akan dititikberatkan pada optimasi ruang ekonomi masyarakat pada kawasan yang dipilih sebagai lokus dalam kajian, serta transformasi yang terjadi didalamnya.

Perjalanan awal dimulai dengan pemberian brief yang mengarah kepada focus dan locus yang dipecahkan, setelah itu berlanjut dengan proses data yang dikumpul dilapangan setelah itu dianalisa berdasarkan klasifikasi dan target topic dan diakhir akan dicoba untuk menghasilkan beberapa produk yang nantinya dapat diterapkap dan menjadi prototype khususnya di kota Padang.

Pada gambar di atas merupakan boothcamp  yang dilakuakan pada tanggal 6 – 15 Agustus 2017 di universitas Bung Hatta Padang yang dibimbing langsung oleh 2 orang Unit Master. Lokus bahasan yang dipilih adalah pada pasar raya kota Padang, yaitu di jalan Moh.Yamin (ruko yang berada dalam pasar dengan berbagai problematika pasar yang ada disekitarnya serta konsep dari banguan yang tidak berjalan secara maksimal). Selain itu hasil akhir berupa prototype multi fungsi dengan melihat bagaimana 'Shop House' seharusnya.

Setelah pelaksanaan studio yang dilakukan selama 10 hari, maka hasilnya pun telah dipresentasikan pada tanggal 18 Agustust 2017 di Studio Arsitek Yori Antar. Studio unit yang lain seperti Surabaya, Semarang dan Bali ikut hadir dan mempresentasikan dihadapan beberapa arsitek terkenal Indonesia seperti Andra Matin, Adi Purnomo, Budi Pradono dan banyak yang lainnya. Diharapakan nantinya sistem studio yang diterapkan di dalam studio critical context ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan studio di masing-masing kampus.

 

Related
168 Comments
A
Login to leave a comment. Sign In ?